6 Orang Sukses Karena Ide Kecil Yang Tidak Disengaja



6 Orang Sukses Karena Ide Kecil Ide-ide keciltak selalu menggambarkan pendapatan kecil. Ide kecil juga bisa berarti bigmoney. Tergantung bagaimana menggarapnya. Sejumlah ide kecil bahkan menjadipenemuan besar karena produk sepele itu menjadi barang yang amat bermanfaat dimasa sekarang.

Berikut ini adalah sejumlah orang yang suksesmengembangkan ide kecil menjadi sesuatu yang luar biasa. Sebagian mengantarnyamenjadi pengusaha dengan penghasilan luar biasa sebagian lain memperolehkedudukan bergengsi dan tercantum namanya di dalam deretan penemu-penemu hebatdunia.

1. Bette Graham Mistake Out



6 Orang Sukses Karena Ide Kecil Yang Tidak Disengaja [ www.BlogApaAja.com ]

Idenya menutupi salah ketik dengan cairanputih yang cepat beku. Adalah Bette Graham yang punya ide itu. Sekitar tahun 1951Ms Graham menjadi sekretaris eksekutif yang sering mengetik dokumen penting.Agar tak usah mengulang mengetik dokumen setiap kali ada salah ketik iamenggunakan cat putih yang ia ramu sendiri. Ternyata cat putih plus kuas kecilyang dinamakannya Mistake Out itu disukai teman-temannya juga. Akhirnya iamendirikan pabrik Mistake Out.

Pada tahun 1972 omset usahanya sudah lima jutabotol Mistake Out setiap tahunnya. Ketika ia meninggal tahun 1980 kekayaannyamencapai 475 juta dolar AS. Siapa sangka ide kecil itu bisa membuatnya kaya.

2. Earle Dickson Band-Aid



6 Orang Sukses Karena Ide Kecil Yang Tidak Disengaja [ www.BlogApaAja.com ]

Capek berkali-kali menempelkan perban padajari istrinya yang sering terluka saat mengiris makanan di dapur Earle Dicksonmenemukan cara jitu. Ia menggunting kain kasa kecil lalu menempelkannya di selotip.

Dengan cara ini kain kasa jadi mudahditempelkan pada luka kecil. Ternyata ide yang dimunculkan pada sekitar tahun1920-an itu cukup brilian sampai-sampai perusahaan tempatnya bekerja Johnson& Johnson memproduksinya secara massal dan Earle Dickson sendiri diangkatmenjadi wakil presiden Johnson & Johnson.

3. Albert J. Parkhouse Gantungan Baju



6 Orang Sukses Karena Ide Kecil Yang Tidak Disengaja [ www.BlogApaAja.com ]

Ia kehabisan cantelan jaket di dinding saattiba di tempatnya bekerja. Albert J. Parkhouse yang bekerja di pabrik kawatpada sekitar tahun 1903 akhirnya menemukan ide. Kawat ia bentuk oval dengan duaujung kawat disatukan sehingga menjadi kaitan. Dengan kawat bentukan itu iabisa menggantungkan jaket dan mencantelkannya dengan mudah di dinding tanpamengganggu jaket lain yang ada di sana. Itulah awal ditemukannya gantunganbaju.

Sekarang siapa yang tak membutuhkan gantunganbaju? Ide kecil itu kini jadi bisnis besar. Inilah bukti bahwa masalah kecilbisa jadi ide sukses yang luar biasa.

4. Arthur Fry Post-it



6 Orang Sukses Karena Ide Kecil Yang Tidak Disengaja [ www.BlogApaAja.com ]

Bagaimana cara membuat catatan yang mudahditempel mudah dilihat dan mudah pula dilepas? Arthur Fry punya caranya. Idenyadidapat dari temannya yang memanfaatkan lem gagal (tidak lengket) sebagai bahanpenempel kertas untuk menandai halaman di kitabnya. Arthur lalumengembangkannya menjadi produk yang belakangan dikenal sebagai Post-it.

Post-it ide kecil itu kemudian menjadi produkandalan 3M (perusahaan yang mempekerjakan Arthur) dan menjadi bisnis besar.Kini dunia mengenalnya sebagai kertas catatan tempel yang populer.

5. David Horvarth dan Sun-Min Kim Ugly Doll



6 Orang Sukses Karena Ide Kecil Yang Tidak Disengaja [ www.BlogApaAja.com ]

Apakah hanya boneka berwajah cantik saja yanglaku? Sepasang kekasih David Horvarth dan Sun-MinKim justru memilih sebaliknya.Mereka membuat boneka buruk rupa (Ugly Doll) yang ternyata laku di pasaran.Sampai-sampai anak-anak Presiden AS Barack Obama juga mengoleksi boneka UglyDoll itu.

Idenya sebenarnya sederhana. David sukamembuat gambar monster di bukunya. Kekasihnya Kim memberinya kejutan saat Davidberulang tahun. Kim yang asal Korea membuat boneka berdasarkan gambar monsteryang dibuat David. Hasilnya ya Ugly Doll itu. Kini mereka menjadi pengusahaboneka yang terkenal di AS gara-gara ide kecil dari gambar monster karya DavidHorvart.

6. Toru Kumon Kumon



6 Orang Sukses Karena Ide Kecil Yang Tidak Disengaja [ www.BlogApaAja.com ]

Anak pertama Toru Kumon seorang gurumatematika SMA di Jepang sulit belajar matematika. Kumon lalu membuat metode(modul) pelajaran matematika bagi anaknya agar memudahkannya memahami ilmuhitung ini pada tahun 1954. Metode itu ia namakan Metode Kumon. Ternyata denganmetode itu anaknya bisa mengikuti pelajaran matematika dengan sangat baik.Setelah itu para tetangganya ingin mencoba metode yang sama. Kumonlalumendirikan Kumon Center.

Kini sebanyak 26.000 Kumon Center berdiri di44 negara dengan pola pengembangan jaringan franchise.


Follow On Twitter